Skip to main content

Sekilas Tentang Open-Source Software

Open-Source adalah kode sumber terbuka. Kode sumber disini merujuk kepada kode sumber yang ada pada suatu software. Jadi, orang-orang bisa melihat dan menggunakan kode sumber tersebut sesuai dengan lisensi yang ada pada software tersebut.


Contohnya GNU/Linux. GNU/Linux bersifat open-source. Anda bisa mengutak-atik kode sumber yang ada pada sistem operasi tersebut. Tetapi, anda terikat oleh Lisensi yang ada pada GNU/Linux tersebut. Lisensi yang digunakan adalah GPL (General Public License) dengan berbagai versi.


Dipikir-pikir, buat apa menciptakan suatu software jika software tersebut bisa dicontek dan dijiplak oleh orang lain? Apa enggak percuma?


Nah, sebenarnya software open-source ini tidak mengajari anda untuk berbuat percuma. Disini, software open-source dibuat untuk dimanfaatkan oleh semua orang sebagai sumber daya manusia (SDM) yang bernilai dan untuk saling tolong-menolong kepada sesama. Dipikir lebih dalam, bagaimana caranya agar sesuatu yang gratis bisa dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan yang berlimpah (tujuan komersil) ?


Ternyata banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dengan software open-source ini. Kita ambil sistem operasi GNU/Linux sebagai contohnya.

Tentu kita tahu, bahwa sistem operasi GNU/Linux itu rata-rata gratis. Tetapi, ada juga yang berbayar dengan fitur-fitur tambahan yang lebih baik dari fitur GNU/Linux yang gratis. Nah, ini adalah salah satu contoh bisnis menggunakan software open-source. Kita seperti diberi sampel kue gratis dengan rasa yang enak. Tapi, kalau kita beli kue yang berbayar (namanya juga beli^^), penjual kue tersebut pasti memberi tambahan rasa yang lebih enak pada kue tersebut. Jadi, bukankah kita mendapat keuntungan dengan software open-source tersebut?

Bisa dibilang, bahwa kita menggunakan SDM yang bernilai tinggi harganya. Jadi, bukankah menggunakan software open-source ini mengajarkan kita untuk berbuat lebih baik lagi dan lebih kreatif dalam menghadapi sebuah bisnis? Banyak kan, keuntungan dari software open-source?

Lisensi yang tidak terlalu mengikat dan juga terbebas dari pembajakan dan pelanggaran HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) juga merupakan hal yang amat mulia dari terciptanya sebuah software open-source.

Kesimpulannyua, software open-source tidak mengajarkan anda menajdi orang yang bersifat buruk. Tetapi, anda diajarkan untuk menjadi orang yang lebih kreatif dalam menggunakan software open-source sebagai SDM yang benar-benar tak ternilai harganya. Jadi, masihkah anda berpikir bahwa software open-source mengajarkan anda berbuat buruk? ^^

Popular posts from this blog

Profile Biodata Foto Renie Arumsari

Biodata Renie Arumsari Nama Lengkap : Agustina Renie Arum Sari Nama Lain : Renie Arumsari Asal : Yogyakarta Kebangsaan : Indonesia Pekerjaan : Aktris, Model, MC Twitter : https://twitter.com/rerenie Instagram : https://www.instagram.com/renieas Prestasi Renie Arumsari Putri Pariwisata Indonesia DIY 2017 Putri Pariwisata Indonesia Best National Costume Putri Pariwisata Indonesia Putri Bunga Miss Tea Indonesia 2017 Miss Jogjatronik Sahabat Larissa Puteri Bandara 2013 Duta Bandara Adisutjipto Sinetron Renie Arumsari 2018 – Orang Ketiga, sebagai Kartika – SCTV Sitkom : 2015 – Kos-kosan Jogja, sebagai Gendhis View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on Jun 21, 2019 at 10:03pm PDT View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on May 30, 2019 at 2:47am PDT

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situs blog paling top, dimana semua informasi bermanfaat dibagikan secara percuma. Nah, jika pada beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai prediksi soal UN bahasa indonesia, maka pada kesempatan ini pula saya akan membagikan latihan soal yang sama juga, yaitu latihan soal bahasa indonesia. Dimana latihan soal ini dikhususkan untuk sekolah menengah kejuruan atau SMK dan sederajat. Latihan soal bahasa indonesia ini bisa anda gunakan sebagai bahan uji coba untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN/UNBK), serta juga bisa digunakan sebagai bahan pemantapan materi untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Baiklah, tanpa membuang masa lagi, silahkan dipelajari baik-baik latihan soal bahasa indonesia berikut: PETUNJUK UMUM 1. Tulis namamu di sudut kanan atas 2. Bacalah setiap soal dengan teliti. 3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. 4. Periksa kembali pek

Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat

@OfficialRCTI Asisten Cantik Naik Pangkat adalah FTV yang tayang di RCTI. Berikut ini adalah Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat Layar Drama RCTI Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat loading... Syifa Hadju View this post on Instagram A post shared by Syifa Hadju (@syifahadjureal) on May 12, 2019 at 1:47am PDT Rizky Alatas View this post on Instagram A post shared by Rizky Alatas (@rizkyalatas) on Jul 24, 2019 at 1:18am PDT Kevin Ardilova loading... View this post on Instagram Eyes, They never lie. A post shared by Kevin Ichwal Ardilova (@kevinardillova) on Jul 22, 2019 at 4:57am PDT Alfath Rivansyah Dieno Ramli Savira Kaunang Havida loading...