Skip to main content

Perbedaan IPv4 dan IPv6

Tahukah anda jika IP di dunia sudah semakin sedikit  maka sekarang ada istilah IPV6 sebagai alternatif IPv4 yang sekarang sudah semakin sedikit. Tahukah anda Perbedaan IPv4 dan IPv6? IPv6 ialah singkatan  dari "Internet Protocol Version 6". IPv6 merupakan  protocol  "next generation" yang dibuat  oleh IETF (http://www.ietf.org/) yang sengaja dibuat sebagai ganti  versi Internet protokol IP Versi 4 ("IPv4")  yang sekarang  masih dipakai. Sebenarnya  ada juga  IP versi 5, yang di alokasikan sebagai experimental Internet Stream Protocol versi 2 (ST-2).

Ada Beberapa Perbeadaan antara IPv4 dan IPv6 sebagai berikut.

Routing IPv4 dan IPv6
  • IPv4: kemampuan Performa routing semakin berkurang  sejalan  dengan membengkaknya  ukuran tabel routing. Hal ini dikarenakan  pemeriksaan header MTU pada tiap router dan hop switch.
  • IPv6: Memiliki proses routing lebih banyak  kefisienan  dari IPV4 sebagai pendahulunya, tabel routing yang besar. mampu  diolah oleh IPv6. 

Perbedaan antara IPv4 dan IPv6 dalam Fitur
  • IPv4: semua alamat memakai 32 bit jadinya jumlah alamat unik yang dapat dibuat sangat terbatas sekitar 4.294.967.296 atau hanya di atas 4 miliyar alamat IP saja. NAT dapat digunakan sekadar membuat lambat waktu habisnya smua alamat IPv4 tapi pada intinya  IPv4 hanya memakai 32 bit jadi tidak bisa mengimbangi jumlah kelajuan pertumbuhan internet di dunia.
  • IPv6: Memakai 128 bit yang mendukung sebanyak 3.4 x 1038 alamat IP yang saling berbeda. Jumlah tersebut tentunnya sudah lebih dari cukup untuk mengatasi masalah keterbatasan jumlah alamat pada IPv4 sekarang ini secara permanen.

Perbedaan antara IPv4 dan IPv6 dalam hal Mobilitas
  • IPv4: Mobilitasnya terbatas karena kemampuan roaming pada  saat berpindah dari sebuah jaringan ke jaringan yang lain.
  • IPv6: Kebutuhan mobilitas yang  tinggi Dapat terpenuhi dengan adanya roaming dari sebuah jaringan ke jaringanyang  lainyang  tetap menjaga proses berjalannya sambungan. Dalam perkembangannya banyak  aplikasi-aplikasi yang didukung dengan adanya fitur ini.

Ukuran header pada IPv4 dan IPv6
  • IPv4: Ukuran headermempunyai  dasar 20 oktet dan ditambah ukuran header options yang  bervariasi.
  • IPv6: Ukuran headernya  tetap 40 oktet. Secara keseluruhan header yang terdapat  pada IPv4 seperti Fragment offset, Flags , Header Checksum , Identification, serta Padding yang sudah dimodifikasi.

Keamanan IPv4 dan IPv6
  • IPv4: Walapun dapat dipakai untuk  mengamankan jaringan IPv4, header IPsec adalah fitur pilihan tambahan  pada standar IPv4.
  • IPv6: IPsec berkembang  sejalan dengan IPv6. Header IPsec sudah menjadi fitur wajib pada standar implementasi IPv6.
Fragmentasi IPv4 dan IPv6
  • IPv4: Dijalankan  setiap hop yang membuat lambat performa router. Jika ukuran paket data melebihi batas Maximum Transmission Unit (MTU) paket akan dipecah-pecah sebelum di jadiakan satu  kembali pada tempat tujuan hal ini yang mengakibatkan proses menjadi lebih lama lagi.
  • IPv6: Hanya dijalankan oleh host yang mengirimkan paket data. Selain  itu, ada juga  fitur MTU discovery sbagai penentukan fragmentasi yang lebih cocok  dengan nilai MTU terkecil  yang ada di sebuah jaringan dari ujung satu ke ujung lainnya.
Header checksum
  • IPv4: Mempunyai  header checksum yang diperiksa oleh setiap switch, hal ini membuat nilai delay bertambah.
  • IPv6: Proses checksum tidak dijalankan pada tingkat header, hanya saja  secara end-to-end. Keamanan sudah lebih terjamin oleh adanya Header IPsec
Kualitas Layanan
  • IPv4: Menggunakan mekanisme best effort  tanpa membedakan kebutuhan.
  • IPv6: Menggunakan mekanisme best level of effort  hal ini bisa  memastikan kualitas layanan. prioritas pengiriman paket data didasarkan atas kebutuhan tingkat latency tinggi atau kecepatan tinggi.
Configuration
  • IPv4: Paada saat sebuah host terhubung ke sebuah jaringan, konfigurasi dijalankan dengan cara manual.
  • IPv6: Mempunyai fitur stateless auto configuration yang membuat saat sebuah host terhubung ke sebuah jaringan, konfigurasi dapat dijalankan dengann cara otomatis.

Popular posts from this blog

Profile Biodata Foto Renie Arumsari

Biodata Renie Arumsari Nama Lengkap : Agustina Renie Arum Sari Nama Lain : Renie Arumsari Asal : Yogyakarta Kebangsaan : Indonesia Pekerjaan : Aktris, Model, MC Twitter : https://twitter.com/rerenie Instagram : https://www.instagram.com/renieas Prestasi Renie Arumsari Putri Pariwisata Indonesia DIY 2017 Putri Pariwisata Indonesia Best National Costume Putri Pariwisata Indonesia Putri Bunga Miss Tea Indonesia 2017 Miss Jogjatronik Sahabat Larissa Puteri Bandara 2013 Duta Bandara Adisutjipto Sinetron Renie Arumsari 2018 – Orang Ketiga, sebagai Kartika – SCTV Sitkom : 2015 – Kos-kosan Jogja, sebagai Gendhis View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on Jun 21, 2019 at 10:03pm PDT View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on May 30, 2019 at 2:47am PDT

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situs blog paling top, dimana semua informasi bermanfaat dibagikan secara percuma. Nah, jika pada beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai prediksi soal UN bahasa indonesia, maka pada kesempatan ini pula saya akan membagikan latihan soal yang sama juga, yaitu latihan soal bahasa indonesia. Dimana latihan soal ini dikhususkan untuk sekolah menengah kejuruan atau SMK dan sederajat. Latihan soal bahasa indonesia ini bisa anda gunakan sebagai bahan uji coba untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN/UNBK), serta juga bisa digunakan sebagai bahan pemantapan materi untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Baiklah, tanpa membuang masa lagi, silahkan dipelajari baik-baik latihan soal bahasa indonesia berikut: PETUNJUK UMUM 1. Tulis namamu di sudut kanan atas 2. Bacalah setiap soal dengan teliti. 3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. 4. Periksa kembali pek

Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat

@OfficialRCTI Asisten Cantik Naik Pangkat adalah FTV yang tayang di RCTI. Berikut ini adalah Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat Layar Drama RCTI Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat loading... Syifa Hadju View this post on Instagram A post shared by Syifa Hadju (@syifahadjureal) on May 12, 2019 at 1:47am PDT Rizky Alatas View this post on Instagram A post shared by Rizky Alatas (@rizkyalatas) on Jul 24, 2019 at 1:18am PDT Kevin Ardilova loading... View this post on Instagram Eyes, They never lie. A post shared by Kevin Ichwal Ardilova (@kevinardillova) on Jul 22, 2019 at 4:57am PDT Alfath Rivansyah Dieno Ramli Savira Kaunang Havida loading...