Skip to main content

Evolusi Sistem Operasi Android Dari Masa Ke Masa

Evolusi Sistem Operasi(OS) Android Dari Masa Ke Masa

Siapa sih yang tidak kenal dengan Android? Ya, android adalah sistem operasi yang paling populer dan paling terkenal di seluruh dunia. Sistem operasi ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh manusia modern saat ini.

Bahkan Kabarnya penggunaan android melebihi penggunaan sistem operasi populer lainnya seperti windows, ios, dan linux.

Bukan tanpa sebab android menjadi sistem operasi yang di gemari saat ini, ini semua karena android memiliki kelebihan di banding dengan sistem operasi lain, seperti:

  • Android merupakan sistem operasi open source atau gratis.
  • Mudah digunakan dan user friendly.
  • Android mendukung berbagai jenis aplikasi yang beragam.
  • Merupakan sistem operasi yang responsive dan cepat.

Pada awalnya android di ciptakan untuk di gunakan pada kamera digital, namun karena peminat kamera di pasaran yang kurang memadai, maka mereka mengalihkan android dan menerapkannya pada perangkat ponsel pintar.

Android sendiri pada awalnya di buat dengan berdasarkan pada sistem operasi “Linux”. Jadi linux adalah asal muasal terciptanya robot hijau ini.

Saat ini perkembangan android sudah mencapai versi 8.0 yang memiliki kode “Oreo”. Versi android terbaru ini kabarnya memiliki kemampuan yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Namun apakah kamu mengetahui apa saja versi android sebelum Oreo? Nah berikut telah kami sajikan berbagai versi android dari mulai versi pertama di ciptakan sampai versi sekarang.

Baca Juga: Berani Beli Aplikasi Android Paling Tidak Berguna Dan Paling Mahal ini?


1. Android 1.0

Android 1.0 merupakan versi pertama dari Android. Versi pertama ini dulunya bernama Android Astro, namun karena masalah hak cipta maka nama astro tidak lagi digunakan.

Kemudian Versi ini berganti nama menjadi Android Alpha. Di dalam versi ini menu-menu dan fitur yang ada dalam android masih sangat minim bahkan tampilannya masih mirip dengan linux.

Walaupun masih minim akan fitur, namun Android pertama ini sudah menyediakan tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi yang masih berbasis market dan sekarang sudah berevolusi menjadi yang kita kenal dengan Google play store.

Pada awalnya android 1.0 ini di jalankan pada perangkat mobile HTC Dream(T-Mobile). Perangkat inilah yang pertama kali menjalankan sistem operasi Android, dan kemudian seiring perkembangan di susul juga oleh perangkat lain seperti LG, Samsung dan perangkat lainnya.


2. Android 1.1 (Bender)

Setelah beberapa tahun pengembangan Android 1.0, kemudian terjadilah update lanjutan dari versi sebelumnya. Beberapa bug dan fitur pada versi sebelumnya di perbaiki pada versi ini.

Salah satu perbaikan yang di lakukan adalah dengan penambahan aplikasi dan meningkatkan sistem antar muka atau tamilan yang lebih baik.

Namun tanpa di sangka, kejadian yang sama kembali terulang. Versi ini terkena masalah hak cipta mengenai penamaannya. Ternyata nama “Bender” sudah digunakan oleh orang lain dan sudah di patenkan.


3. Android 1.5 atau Cupcake

Android CupCake adalah versi pertama yang menggunakan makanan manis sebagai kode namanya, yang kemudian penggunaan nama makanan di tiru oleh versi android lainnya hingga saat ini.

Versi ini hadir pada tahun 2009 dengan membawa berbagai fitur dan pembaharuan yang lebih baik. Beberapa pembaharuan yang di terapkan pada versi 1.5 diantaranya:

  • Peningkatan sistem UI yang lebih bersahabat dan mendukung teknologi DMCA.
  • Penambahan fitur aplikasi kamus dan keyboard , merekam dan memutar video serta penambaan aplikasi widget yang lebih lengkap.
  • Interface (antar muka) yang lebih mudah di pahami.
  • Kemampuan menguload video ke dalam youtube secara langsung.


4. Android 1.6 (Donut)

Masih di tahun yang sama, Tidak lama setelah kemunculan android CupCake, kemudian keluarlah versi terbaru dari android yaitu Android Donut.

Walaupun masih memiliki tampilan yang sama dengan versi sebelumnya namun pada versi ini telah ditambahkan beberapa fitur keren diantaranya:

  • Penambahan jaringan CDMA atau EDVO.
  • Perbaikan pada sistem kamera.
  • Penambahan fitur mesin pencari(search enginer) yang mana para pengguna dapat mencari berbagai informasi di internet.

Baca Juga: Tahukah Kamu? Smartphone Berikut Ternyata Produk Indonesia Loh!!


5. Android 2.0 – 2.1 (Éclair)

Android 2.0 atau éclair adalah pembaharuan dari versi sebelumnya. Di dalam versi ini mulai terlihat beberapa perubahan yang signifikan.

Beberapa fitur baru di tambahkan pada versi ini, sehingga fungsi kerja android semakin bagus. Berikut beberapa fitur yang ada pada versi ini:

  • Perbaikan dan peningkatan kerja Google Maps.
  • Penambahan browser yang mendukung HTML5
  • Adanya fitur Flas untuk kamer dan fitur Zoom.
  • Penambahan fitur Bluetooth V2.1
  • Adanya fitur multi touch, live wallpaper serta fitur lainnya.

Pada android éclair ini terdapat dua versi yaitu versi 2.0 dan 2.1 yang mana ke dua versi tersebut masih berputar pada penyempurnaan fitur-fitur diatas.


6. Android Froyo (Frozen Youghurt)

Android Froyo juga dikenal dengan android versi 2.2 – 2.3. Didalam versi ini terdapat beberapa fitur baru yang belum ada pada versi sebelumnya, seperti:

  • Mendukung penyimpanan external seperti Sd Card.
  • Penambahan fitur hostpot wi-fi.
  • Mendukung Adobe Flash Player.

Dalam versi ini juga terdapat dua versi yaitu 2.2 – 2.3 yang masih berfokus pada perbaikan fitur diatas.


7. Android Gingerbread

Tidak berapa lama kemudian muncul update terbaru dari android, yaitu android Gingerbread. Di versi inilah sistem operasi android mulai di lirik dan dikenal banyak orang.

Pada versi ini berfokus pada pengembangan optmalisasi game dan aplikasi yang ada pada Google Play Store dan peningkatan kemampuan keyboard dalam melakukan fungsi pintas yang lebih cepat seperti copy paste.


8. Android HoneyComb

Versi android honeycomb pada dasarnya di khususkan untuk tablet pc yang mendukung sistem operasi android. Pada saat itu, versi ini pertama kali di jalankan pada perangkat Motorola Xoom.

Versi ini juga menyediakan fitur status bar yang lebih baik hingga mudah digunakan oleh para penggunanya dalam melakukan berbagai tindakan(action) yang lebih cepat.


9. Android Ice Cream Sandwich

Pada tahun 2011 versi terbaru dari android telah muncul. Ice Cream Sandwich merupakan versi terbaru android yang menjadi versi paling powerfull saat itu, karena beberapa fitur telah banyak di perbaiki.

Versi ini muncul dengan membawa tampilan baru yang keren dan elegan. Fitur baru dan unik yang belum ada pada versi sebelumnya di tambahkan pada versi ini, seperti:

  • Penigkatan kecepatan browsing.
  • Ruang penyimpanan yang lebih besar.
  • Mendukung membuka kunci ponsel dengan wajah.
  • Kemampuan multitasking yang lebih cepat dan stabil.


10. Android Jelly Bean 4.1

Perkembangan android mulai menjadi incaran masyarakat saat itu, banyak perangkat seluler yang sudah mulai menerapkan sistem operasi android.

Perangkat pertama yang menerapkan sistem operasi ini adalah Nexus 7 yang masih di produksi oleh asus. Pada versi Jelly Bean ini ada berbagai fitur menarik yang di sajikan antara lain:

  • Pengenalan Google Now yang dapat menampilkan informasi akurat dan cepat.
  • Peningkatan sistem keyboard yang lebih baik.


11. Android Kitkat

Nama kitkat berasal dari makanan cemilan yang merupakan cemilan wafer berlapis coklat. Pada awalnya versi ini akan dinamakan key lime pie namun atas beberapa diskusi akhirnya di namakan kitkat.

Versi ini merupakan sistem operasi yang paling ringan, karena bisa di jalankan dengan lancar pada ram 512. Dan beberapa fitur yang di perbarui antara lain:

  • Navigasi yang lebih baik
  • Mendukung widget layar kunci
  • Wallpaper layar yang full screen
  • Penambahan emoji di keyboard
  • Penambahan Aplikasi hangouts
  • Mendukung could printer yang semakin baik
  • Google Now yang lebih baik


12. Android Lolipop

Ini merupakan versi android yang masih banyak di pakai saat ini. Walaupun tidak banyak perubahan pada versi ini, namun ada beberapa kelebihan yaitu peningkatan desain UI yang lebih menarik dan menambah fitur penghemat baterai.


13. Android Marsmallow

Marsmallow memberikan fitur manajemen daya yang bisa digunakan untuk melihat kondisi baterai dan status pemakaian aplikasi yang berjalan.

Pada versi ini juga telah dilakukan perbaikan dan peningkatan pada fitur hemat daya. Ada juga fitur menarik lain yaitu mendukung penggunaan sidik jari untuk membuka kunci ponsel.


14. Android Nougat

Nougat merupakan versi yang boleh di bilang masih baru, di sini terdapat banyak sekali fitur yang dapat memanjakan para penggunanya.

Sistem operasi versi ini menawarkan fitur Google assistant yang dapat membuat penggunanya merasa nyaman karena merasa punya assistant sendiri.

Kemampuan multi tasking yang semakin bagus dan cepat di perbarui pada versi ini. Fitur multi windows yang memungkinkan penggunaan dua aplikasi secara bersaan juga di perkuat pada versi Nougat.

Baca Juga: Tahukah Kamu Fakta Unik Dan Menarik Dari Si Robot Hijau(Android)?


15. Android Oreo

Dan yang terakhir adalah “Oreo” ini merupakan versi terbaru dari android yang baru saja di publikasikan pada tahun 2017.

Menurut beberapa sumber, Android Oreo merupakan versi android yang paling powerfull dan paling elegan di antara versi-versi sebelumnya.

Fitur seperti penambahan emoji yang lebih lengkap, Boot yang lebih cepat, dapat mehemat baterai lebih baik, dan mampu menampilkan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Nampaknya android mulai menjadi sistem operasi paling di minati oleh masyarakat modern dan akan terus berkembang melahirkan versi yang lebih baik lagi.

Dan semoga perkembangan android dapat memudahkan pekerjaan dan aktifitas kita ya.

Popular posts from this blog

Profile Biodata Foto Renie Arumsari

Biodata Renie Arumsari Nama Lengkap : Agustina Renie Arum Sari Nama Lain : Renie Arumsari Asal : Yogyakarta Kebangsaan : Indonesia Pekerjaan : Aktris, Model, MC Twitter : https://twitter.com/rerenie Instagram : https://www.instagram.com/renieas Prestasi Renie Arumsari Putri Pariwisata Indonesia DIY 2017 Putri Pariwisata Indonesia Best National Costume Putri Pariwisata Indonesia Putri Bunga Miss Tea Indonesia 2017 Miss Jogjatronik Sahabat Larissa Puteri Bandara 2013 Duta Bandara Adisutjipto Sinetron Renie Arumsari 2018 – Orang Ketiga, sebagai Kartika – SCTV Sitkom : 2015 – Kos-kosan Jogja, sebagai Gendhis View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on Jun 21, 2019 at 10:03pm PDT View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on May 30, 2019 at 2:47am PDT

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situs blog paling top, dimana semua informasi bermanfaat dibagikan secara percuma. Nah, jika pada beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai prediksi soal UN bahasa indonesia, maka pada kesempatan ini pula saya akan membagikan latihan soal yang sama juga, yaitu latihan soal bahasa indonesia. Dimana latihan soal ini dikhususkan untuk sekolah menengah kejuruan atau SMK dan sederajat. Latihan soal bahasa indonesia ini bisa anda gunakan sebagai bahan uji coba untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN/UNBK), serta juga bisa digunakan sebagai bahan pemantapan materi untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Baiklah, tanpa membuang masa lagi, silahkan dipelajari baik-baik latihan soal bahasa indonesia berikut: PETUNJUK UMUM 1. Tulis namamu di sudut kanan atas 2. Bacalah setiap soal dengan teliti. 3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. 4. Periksa kembali pek

Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat

@OfficialRCTI Asisten Cantik Naik Pangkat adalah FTV yang tayang di RCTI. Berikut ini adalah Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat Layar Drama RCTI Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat loading... Syifa Hadju View this post on Instagram A post shared by Syifa Hadju (@syifahadjureal) on May 12, 2019 at 1:47am PDT Rizky Alatas View this post on Instagram A post shared by Rizky Alatas (@rizkyalatas) on Jul 24, 2019 at 1:18am PDT Kevin Ardilova loading... View this post on Instagram Eyes, They never lie. A post shared by Kevin Ichwal Ardilova (@kevinardillova) on Jul 22, 2019 at 4:57am PDT Alfath Rivansyah Dieno Ramli Savira Kaunang Havida loading...