Skip to main content

Fakta Unik Jari Kuku Yang Ternyata Jarang Diketahui Oleh Publik

Fakta Unik KUKU

Kuku adalah anugrah yang paling indah dari tuhan yang maha esa, semua yang ia ciptakan tentunya merupakan sebuah kebaikan bagi manusia, termasuk diantaranya adalah kuku.

Kuku merupakan salah satu bagian dari tulang yang tumbuh di ujung jari, baik jari tangan maupun jari kaki.

Bagi kaum hawa, kuku biasa di manfaatkan sebagai salah satu gaya kecantikan.

Para  wanita yang suka dunia fashion tentunya akan sangat memperhatikan dan menjaga keindahan kuku mereka.

Tak jarang pula mereka memberikan berbagai warna dan motif unik di kuku mereka, dengan alasan fashion dan kecantikan.

Pada dasarnya kuku berfungsi untuk melindungi bagian ujung jari, serta memperkuat daya sentuh jari.

Kuku merupakan bagian tubuh yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Dari lahir sampai meniggal kuku akan terus ikut serta dalam setiap aktifitas yang kita lakukan.

Namun tahukah anda, ada beberapa fakta unik mengenai kuku yang mungkin anda belum mengetahuinya. Dan bahkan sangat jarang orang yang mengetahui mengenai fakta kuku berikut.

1. Kuku tangan VS kuku Kaki


Ternyata kuku yang tumbuh pada ujung jari tangan dengan kuku yang tumbuh di ujung jari kaki berbeda.

Lantas apakah bedanya?

Kuku jari tangan ternyata memiliki pertumbuhan yang lebih cepat tiga kali lipat dibandingkan kuku jari kaki.

Itulah alasan mengapa kita lebih sering memotong kuku jari tangan dari pada kuku jari kaki.

2. Kuku Jari Kaki Lebih Tebal


Kuku jari kaki ternyata lebih tebal dari pada kuku jari tangan. Anda bisa membuktikannya ketika memotong kuku.

Saat memotong kuku pasti akan lebih mudah memotong kuku jari tangan dari pada kuku jari kaki, hal ini karena ketebalan kuku jari kaki lebih tebal.

Tentu saja ketebalan kuku jari kaki memiliki kemampuan melindungi jari kaki lebih kuat dari kuku jari tangan.

3. Tumbuh Lebih Cepat Saat Musim Panas

Panen Jari Kuku


Kuku manusia akan lebih cepat tumbuh saat musim panas atau (iklim hangat) dari pada saat sedang musim dingin.

Lalu apa jadinya bila terjadi musim pancaroba(berubah-ubah)?

Mungkin pertumbuhan kuku akan tersedat-sedat, atau mungkin bisa tumbuh lebih lama.
Itu juga merupakan alasan mengapa kita sering memotong kuku saat musim panas.

4. Sebagai Pertanda Kesehatan


Banyak yang tidak tahu kalau kuku bisa di jadikan pertanda kesehatan tubuh. Anda bisa melihat kondisi kesehatan tubuh anda dari kondisi dan ciri kuku.


  • Kuku yang memiliki warna Pucat berarti anda sedang terkena anemia
  • Apabila kuku anda berwarna Biru, maka bisa jadi anda sedang kekurang oksigen
  • Pernah lihat kuku yang memiliki Butiran putih di bagian atasnya? Itu berarti anda sedang  kekurangan kalsium.
  • Jika kuku anda berwarna kuning maka kemungkinan terdapat jamur pada bagian kuku, hal seperti ini dapat terjadi karena kemungkinan anda terkena penyakit seperti diabetes dan penyakit paru-paru.


5. Kuku Jari Tengah Cepat Tumbuh


Kalau kita perhatikan setiap kuku di masing-masing jari tangan pasti akan terlihat perbedaannya.

Apa perbedaannya?

Perbedaannya adalah kuku yang ada pada jari tengah merupakan kuku yang memiliki pertumbuhan lebih cepat di bandingkan dengan kuku yang lain.

Sedangkan kuku yang paling lama tubuhnya adalah kuku pada ibu jari(jempol).

6. Mengigit Kuku


Tak jarang kita menjumpai teman, orang lain atau bahkan diri kita sendiri sering mengigit kuku, baik dalam keadaan sadar maupun dalam kondisi tidak sadar(melamun).

Orang yang sering mengigit kuku merupakan ciri bahwa orang tersebut sedang dalam kondisi gugup atau ragu atau bisa juga sedang memikirkan sesuatu.

7. Pasta gigi membersihkan kuku


Pasta gigi yang biasa kita gunakan untuk membersihkan gigi ternyata memiliki fungsi lain.

Ya, Pasta gigi ternyata bisa digunakan sebagai media untuk membersihkan kuku.

Kita bisa mengoleskan pasta gigi kebagian sekeliling kuku secara merata, lalu bersihkan degan air. Maka kuku anda bisa tampil bersih dan mengkilat.

8. Sering Potong Kuku Bisa membuat Kuku Lebih Cepat Tumbuh


Apakah anda pernah merasakan bahwa ketika anda terlalu sering memotong kuku,Pertumbuhan kuku akan lebih cepat dari biasanya.

Dalam beberapa hari saja kuku sudah mulai tumbuh kembali, dan jika anda memotongnya kembali maka pertumbuhannya akan lebih cepat.

Apakah benar seperti itu?

Jujur saja saya belum pernah mengamati dan memperhatikan lebih detailnya, namun anda bisa menemukan kebenarannya dengan mempraktekan langsung di rumah.

9. Mitos Mengenai Kuku


Dalam banyak kasus, sering kita jumpai beberapa kepercayaan apabila kita memotong kuku ketika hari telah gelap atau malam hari dapat membawa sial.

Saya tidak mengetahui kepastian mengenai kepercayaan ini.

Dari pemikiran saya pribadi mungkin mitos ini terjadi karena ketika kita memotong kuku pada malam hari maka kita tidak bisa melihat dengan jelas karena pencahayaan yang minim.

Sehingga apabila kita memotong kuku pada malam hari bisa saja bukan kuku yang kita potong, malahan jari tangannya yang terpotong.

Maka dari itu mereka menganggap bahwa memotong kuku pada malam hari bisa menimbulkan sial.

10. Sarang Kuman


Berbagai sumber telah mengatakan bahwa kuku merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit.

Hal ini terjadi karena kuku merupakan sarang kuman!!

Setiap hari kita menyentuh dan melakukan aktifitas dengan jari dan tangan. Dan ketika kita mencuci tangan maka para kuman akan pergi bersembunyi di bawah kuku.

Maka dari itu saat anda mencuci tangan usahakan anda juga mencuci bagian bawah kuku sampai bersih.

Itu dia beberapa fakta unik dan menarik dari kuku, terus jaga dan rawat kuku kita dengan sering memotong kuku dan membersihkannya setiap hari. Dengan begitu maka sama saja kita telah menjalankan gaya hidup sehat.

Popular posts from this blog

Profile Biodata Foto Renie Arumsari

Biodata Renie Arumsari Nama Lengkap : Agustina Renie Arum Sari Nama Lain : Renie Arumsari Asal : Yogyakarta Kebangsaan : Indonesia Pekerjaan : Aktris, Model, MC Twitter : https://twitter.com/rerenie Instagram : https://www.instagram.com/renieas Prestasi Renie Arumsari Putri Pariwisata Indonesia DIY 2017 Putri Pariwisata Indonesia Best National Costume Putri Pariwisata Indonesia Putri Bunga Miss Tea Indonesia 2017 Miss Jogjatronik Sahabat Larissa Puteri Bandara 2013 Duta Bandara Adisutjipto Sinetron Renie Arumsari 2018 – Orang Ketiga, sebagai Kartika – SCTV Sitkom : 2015 – Kos-kosan Jogja, sebagai Gendhis View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on Jun 21, 2019 at 10:03pm PDT View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on May 30, 2019 at 2:47am PDT

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situs blog paling top, dimana semua informasi bermanfaat dibagikan secara percuma. Nah, jika pada beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai prediksi soal UN bahasa indonesia, maka pada kesempatan ini pula saya akan membagikan latihan soal yang sama juga, yaitu latihan soal bahasa indonesia. Dimana latihan soal ini dikhususkan untuk sekolah menengah kejuruan atau SMK dan sederajat. Latihan soal bahasa indonesia ini bisa anda gunakan sebagai bahan uji coba untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN/UNBK), serta juga bisa digunakan sebagai bahan pemantapan materi untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Baiklah, tanpa membuang masa lagi, silahkan dipelajari baik-baik latihan soal bahasa indonesia berikut: PETUNJUK UMUM 1. Tulis namamu di sudut kanan atas 2. Bacalah setiap soal dengan teliti. 3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. 4. Periksa kembali pek

Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat

@OfficialRCTI Asisten Cantik Naik Pangkat adalah FTV yang tayang di RCTI. Berikut ini adalah Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat Layar Drama RCTI Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat loading... Syifa Hadju View this post on Instagram A post shared by Syifa Hadju (@syifahadjureal) on May 12, 2019 at 1:47am PDT Rizky Alatas View this post on Instagram A post shared by Rizky Alatas (@rizkyalatas) on Jul 24, 2019 at 1:18am PDT Kevin Ardilova loading... View this post on Instagram Eyes, They never lie. A post shared by Kevin Ichwal Ardilova (@kevinardillova) on Jul 22, 2019 at 4:57am PDT Alfath Rivansyah Dieno Ramli Savira Kaunang Havida loading...