Skip to main content

Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, kelebihan, Kekurangan, & perintah-perintah)

Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, kelebihan, Kekurangan, & perintah-perintah)

Pernahkah kamu mendengar mengenai CMD? Atau kamu pernah menggunakannya?

Bagi sebagian orang khususnya anak teknik komputer pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cmd bukan. Namun bagi sebagian lainnya cmd merupakan hal asing yang jarang diketahui.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi lengkap mengenai cmd.

Informasi ini ditujukan kepada semua orang baik yang sudah mahir dalam mengoperasikan cmd, maupun yang masih pemula yang belum mengetahui mengenai cmd.

Apakah saya harus mempelajari cmd?

Sebenarnya cmd bukanlah sesuatu yang harus dipelajari oleh setiap orang. Namun apa salahnya bila kita menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai cmd.

Saya bukan anak teknik komputer, apa untungnya bagi saya?

Informasi ini saya tujukan kepada semua orang, bukan hanya untuk anak teknik komputer saja. Jadi walaupun anda bukan anak teknik, saya rasa tidak ada salahnya untuk mempelajari hal ini.

Dengan mempelajari cmd maka pengetahuan kita akan bertambah, dan apabila sewaktu-waktu kita menjumpai cmd dalam kehidupan nyata maka setidaknya kita sudah mengetahui dasar-dasarnya, sehingga tidak terlalu memalukan.

Baiklah sebelum saya mengupas tuntas mengenai cmd, ada baiknya kita mengetahui bab apa saja yang akan dibahas.

Informasi ini memuat:
  • Pengertian CMD
  • Fungsi CMD
  • Sejarah CMD
  • Perbedaan Terminal dengan CMD
  • Kelebihan dan kekurangan CMD
  • Perintah-perintah CMD
  • Kesimpulan
  • Penutup

Didalam informasi ini saya akan mencoba mengupas semua hal megenai CMD, jadi silahkan disimak dan amati. Bila ada yang kurang jelas silahkan tanyakan dikolom komentar.

Baca Juga: Belum Lengkap Kalau Komputer Kamu Tidak Ada Software Ini.


1. Pengertian CMD

Apa itu cmd?

Cmd merupakan singkatan dari command prompt, adalah tool default yang sudah ada pada setiap sistem operasi windows. Cmd memiliki tampilan berupa CLI(command line interfaces) yang hanya berupa teks.

Cmd ditujukan kepada user(pengguna) untuk memudahkan dalam mengeksplorasi windows baik secara online maupun offline.

Yang mana untuk dapat mengoperasikanya kita harus mengetahui perintah-perintahnya. Contoh perintah sederhana dari cmd adalah ping dan ipconfig

Cmd hampir bisa kita jumpai disetiap sistem operasi windows seperti windows xp, windows 7, windows 8, dan windows 10.

Jika dilihat dari tampilannya maka kita hanya akan menjumpai sebuah tulisan(teks) dan ruang kosong untuk menulis perintah. Tampilanya hanya hitam dan terlihat kurang menarik.

Jika anda pernah melihat tampilan ms-dos atau linux yang berbasis(CLI) maka seperti itulah tampilan cmd.

Saya rasa jika anda hanya membaca penjelasan seperti itu saja maka hanya membuat anda bingung bukan? Maka dari itu ada baiknya anda juga mengetahui apa itu GUI dan CLI.

Apa itu GUI?

GUI adalah singkatan dari Graphical User Interfaces adalah tampilan antar muka yang memuat tampilan grafis(bukan berupa teks). Contoh tampilan GUI adalah windows xp, windows vista, windows 7, windows 8, windows 10, dan yang paling sederhana dari GUI adalah Android yang kalian pakai.

Apa itu CLI?

CLI atau yang disebut Command Line Interfaces adalah tampilan antar muka yang hanya menampilkan sebuah teks dan beberapa ruang kosong untuk memasukkan teks(perintah).

Apa bedanya GUI dan CLI?

Sederhana saja, GUI memiliki tampilan antar muka yang lebih baik, karena tampilanya berupa desain interaktif yang memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Seperti tampilan android.

Sedangkan CLI adalah tampilan antar muka yang hanya menampilkan sebuah teks yang mana tampilannya lebih didominasi oleh warna hitam dengan beberapa teks dan ruang kosong untuk memasukkan perintah.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer.

Jadi perbedaan GUI dan CLI adalah pada tampilan desain antar mukanya. Jika kita mengambil kesimpulan dari GUI dan CLI maka kita akan paham seperti apa tampilan CMD.

Tampilan CMD hampir sama dengan CLI yang hanya mengusung tampilan teks yang didominasi warna hitam.

Agar kamu lebih jelas dan lebih paham mengenai tampilan dari CMD maka kamu dapat membuka layanan CMD langsung dari PC/laptop kamu sekarang, dengan cara:

Menggunakan kombinasi Win+r

Ket:
  • Win adalah untuk windows
  • R adalah huruf R
Jadi kamu hanya perlu menekan pada keyboard “windows”(icon windows) dan diikuti dengan menekan huruf “R”. Maka akan muncul pop-up, silahkan ketik “CMD” tanpa tanda petik.
Lalu “enter” atau pilih “oke”. Dan kamu akan menjumpai sebuah tampilan CLI yang berwarna hitam. Itu adalah tampilan awal CMD.

Jika sudah paham mengenai pengertian CMD, mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya.


2. Fungsi CMD

Pada dasarnya fungsi cmd adalah untuk mempermudah user dalam mengatur dan mengekplorasi sistem operasi yang ia gunakan. Dengan cmd kamu bisa melakukan banyak tugas dengan lebih sederhana.

Namun perlu diingat cmd hanya bisa dijalankan apabila user mengetahui perintah-perintah untuk menjalankan cmd.

Jika user tersebut tidak mengetahui perintah untuk menjalankan cmd, maka cmd tidak akan berfungsi. Perintah dasar yang paling sering digunakan oleh para user adalah Ping.

Perintah “ping” berfungsi untuk melakukan pengecekan terhadap koneksi internet/jaringan. Contoh penggunaan ping:
  • Buka cmd dengan Win+r lalu ketik “cmd” kemudian enter.
  • Setelah tampilan awal cmd muncul, silahkan ketik perintah: ping google.com
  • Kemudian enter. Dan lihat sendiri hasilnya.
Nb: perintah ini berjalan apabila kamu dalam keadaan online(internet aktif).

Itu adalah contoh sederhana dari penggunaan perintah cmd.

Sebenarnya fungsi dari cmd bukan hanya untuk melakukan pengecekan koneksi internet saja, banyak sekali fungsi lain yang bisa dijalankan dengan cmd. Seperti fungsi-fungsi berikut:

Baca Juga: Apa Itu Komputer??

A. Mengetahui Kondisi Hardisk

Ada kalanya kita harus melakukan pengecekan terhadap setiap komponen komputer, seperti hardisk.

Dengan mengecek kondisi dari hardisk kita bisa mengetahui status dari hardisk yang kita gunakan. Apakah dalam kondisi baik, error atau dalam kondisi rusak.

Pengecekan ini dapat meminimalisir terjadinya kerusakan parah pada hardisk. Dengan cmd kita bisa langsung tahu seperti apa kondisi hardisk, apabila dalam kondisi rusak maka kita bisa langsung memperbaiki atau membawanya ke tempat service komputer.

Lalu bagaimana cara melihat kondisi hardisk dengan cmd?
  • Seperti biasa, kita harus membuka cmd terlebih dahulu (Win+r)
  • Apabila tampilan cmd telah mucul, silahkan ketik perintah: wmic diskdrive get status
  • Apabila terdapat tulisan: status oke. Itu berarti hardisk anda dalam kondisi baik.

B. Mematikan komputer

Saya rasa mematikan komputer adalah hal sepele yang tidak penting untuk dibahas bukan? Tapi yang menarik disini ialah mematikan komputer dengan cmd. Pasti kamu penasaran bukan?

Bagaimana cara kamu mematikan computer? klik start>>turn off computer>>shut down.

Itu sudah biasa!!, saya akan memberikan kamu cara simpel dan sederhana mematikan komputer dengan cmd, yang berbeda dengan yang lainnya.
  • Buka cmd
  • Ketikan perintah pada cmd : shutdown –s –t 1 lalu enter
  • Maka komputer kamu akan mati dalam hitungan 1 detik

Hebatnya lagi kamu bisa mengatur kapan computer kamu akan mati. Dengan cara mengubah –t 1 menjadi –t 5 atau yang lainnya. Angka di belakang –t adalah detik, jadi jika kamu ingin mematikan computer kamu dalam 10 detik maka ketikan perintah: shutdown –s –t 10

Saya rasa anda sudah mulai paham mengenai fungsi dari cmd.

Walaupun sebenarnya masih ada banyak fungsi lain yang bisa dilakukan dengan cmd, asalkan kamu tahu perintahnya. Untuk perintah-perintah dari cmd akan dibahas di bab 6.


3. Sejarah CMD

Pada awalnya Therese Stowell mulai menciptakan versi pertama cmd yang diaplikasikan untuk sistem operasi windows NT.

Versi awal ini tidak sepenuhnya berjalan dengan optimal, karena pada pengoperasiannya ditemukan beberapa kekurangan seperti, Ditemukanya perintah-perintah Disk Operating System(DOS) yang tidak didukung atau sudah dirubah seperti fungsi deltree yang sekarang telah digabung dengan rd dalam bentuk parameter /s.

Cmd yang diterapkan pada windows NT memiliki kelebihan, yaitu dapat menampilkan pesan kesalahan yang lebih jelas dibanding pesan kesalahan pada fitur bad command of file name yang dimiliki oleh command.com.

Penampilan pesan kesalahan ini diambil dari bahasa sistem yang dipakai. Sedangkan teks-nya diambil dari sistem pesan file.

Pesan bantuan yang ada kemudian dapat ditampilkan dengan pesan nomer kesalahan untuk informasi lebih lanjut.


4. Perbedaan Terminal dengan CMD

Kalau CMD sudah tahu, tapi kalau Terminal itu apa? Sebelum kita membahas mengenai terminal, maka kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai linux.

Kenapa membahas linux?

Ini karena linux dengan Terminal memiliki hubungan yang erat dan tidak bisa dipisahkan.

Linux adalah sebuah nama yang diberikan kepada sistem operasi berbasis unix. Linux merupakan sistem operasi open source(gratis) yang bisa dimodifikasi, disebarkan, dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Di dalam linux terdapat sebuah tool(alat) default yang sudah ada bersamaan dengan sistem operasi tersebut(linux).

Tool ini bernama Terminal

Tampilan terminal memiliki kesamaan dengan CMD karena ia mengusung CLI(command line interfaces).

Tugas dan fungsi dari terminal juga hampir sama dengan CMD pada windows. Lalu apa yang membedakan terminal dengan CMD?

Jika CMD berada pada windows maka Terminal berada pada linux. CMD dan terminal memiliki banyak kesamaan, hanya saja penggunaan perintah yang digunakan berbeda.

Penggunaan Perintah antara CMD dengan Terminal memang sedikit berbeda namun fungsinya sama.

Seperti perintah untuk menampilkan network interfaces. Jika di Cmd menggunakan perintah ipconfig, namun di Terminal(linux) menggunakan perintah ifconfig.

Perlu diingat bahwa Terminal juga sering disebut sebagai Shell.

Jadi kesimpulanya adalah Cmd dan Terminal sebenarnya adalah sama, namun penyebutanya saja yang berbeda. Jika di linux adalah Terminal, dan jika di windows adalah command promt(cmd).

Perbedaan juga terlihat dari perintah-perintah yang digunakan pada Cmd dan Terminal.


5. Kelebihan dan Kekurangan Cmd


(Kelebihan Cmd)

A. Dalam penulisan perintah cmd bersifat no case sensitive.

Apa itu no case sensitive? Itu artinya dalam penulisan perintah pada Cmd anda tidak perlu khawatir soal format penulisan perintahnya.

Misalkan anda ingin menuliskan perintah ping, namun anda lupa bahwa capslock anda masih menyala, sehingga penulisanya menjadi PING.
Itu tidak menjadi masalah, karena cmd akan tetap merespon dan menjalankan perintah ping walaupun format penulisanya menggunakan huruf besar semua.


B. Proses Eksekusi Lebih Cepat

Cmd memang dikenal cepat dalam melakukan proses eksekusinya. Dibanding dengan tampilan GUI yang memerlukan waktu cukup lama untuk dapat mengeksekusi perintah.

Jika kamu sudah memasukan perintah, lalu enter. Maka cmd akan langsung memproses dan memberikan hasil dari proses tersebut secara cepat dan akurat.


C. Sangat Ringan

Kelebihan lain dari cmd adalah sangat ringan. Ya, ketika anda membuka program cmd maka seketika itu pula cmd bisa langsung digunakan tanpa ada hambatan yang berarti.

Cmd.exe memang sangat ringan, baik dalam pengoperasiannya maupun pengunaan memorinya. Jadi jangan khawatir bila anda menggunakan cmd selam berjam-jam, hal ini tidak akan menjadi masalah besar.


D. Penggunaan layer yang tidak terbatas

Selama saya menggunakan cmd hingga saat ini, saya belum pernah mendapat masalah dalam batas jumlah layer cmd.

Saya sudah membuka cmd berkali-kali dengan jumlah yang sangat banyak, namun tetap lancar dan aman.


(Kekurangan CMD)

A. Tampilan yang membosankan

Mungkin ini adalah kekurangan dari cmd yang paling utama. Pasalnya cmd hanya menampilkan baris teks dengan didominasi warna hitam yang sama sekali tidak menyenangkan.

Bahkan jika anda membuka cmd setiap saat pastinya anda akan cepat merasa bosan, karena tampilanya yang kurang menarik.


B. User harus menguasai perintah-perintahnya

Siapa saja yang menggunakan cmd pastinya harus menguasai perintah untuk dapat mengoprasikannya. Rumitnya lagi perintah-perintah yang digunakan sangatlah banyak.


6. Perintah-Perintah CMD

Apakah kamu ingin mempelajari dan mengoperasikan cmd dengan baik?

Jika “iya” itu artinya anda harus siap untuk membakar otak dan ingatan anda, pasalnya perintah-perintah untuk mengoperasikan cmd memiliki jumlah yang sangat banyak.

Jika anda bisa mempelajari, mengingat dan menerapkan semua perintah cmd, maka saya ucapkan selamat!! Kamu adalah CMDer terbaik!!

Namun saya hanya akan menjelaskan perintah-perintah dasarnya saja, yang mungkin bisa anda pelajari dan praktekan di pc anda. Berikut adalah perintah-perintahnya:

DIR

Perintah ini merupakan perintah dasar yang paling mudah untuk diingat dan digunakan. Apa fungsi dir?

Fungsi dari perintah ini adalah untuk menampilkan direktori penyimpanan yang ada pada komputer anda. Dengan perintah ini anda bisa melihat berbagai macam folder yang tersimpan di pc anda.

Kelebihan dari perintah ini adalah mampu melihat direktori yang tidak terlihat(Hidden), sengaja disembunyikan, tidak bisa ditemukan pada direktori umum dan sebagainya.


CD

Dengan perintah ini anda dapat mengakses dan masuk ke dalam direktori dengan cepat dan efisien. Anda tidak pelu membuka File Explorer dan mencari folder yang dituju.

Dengan cmd, anda bisa membuka berbagai jenis file yang ada pada direktori kamu dengan cepat. Yaitu dengan menggunakan perintah CD.
  • Anda hanya perlu mengetik CD pada halaman cmd, lalu anda tekan TAB pada keyboard untuk menentukan folder mana yang akan dibuka.
  • Namun jika anda sudah tahu folder yang akan dibuka, maka anda hanya perlu mengetik cd nama_folder. Kemudian enter 
  • Lalu anda harus memasukan nama file yang ingin dibuka, namun nama file tersebut harus anda pada nama_folder, misal anda ingin membuka file picture.jpg
  • Jadi anda hanya perlu mengetik cd picture.jpg dan enter.
  • Dengan segera file picture.jpg akan ditampilkan.

Masih bingung? Mau cara yang lebih sederhana?

Cara sederhana untuk membuka folder/file(gambar, foto, musik) dengan cmd adalah dengan mengetahui terlebih dahulu nama file(gambar, foto, musik) yang akan dibuka.

Jadi anda harus tahu terlebih dahulu nama dari file yang akan dibuka. Dan dimana letak file tersebut disimpan.

Misal anda ingin membuka file FotoSaya.jpg. yang ada pada folder downloads Maka anda hanya perlu mengetik cd downloads dan enter. Setelah itu ketikan lagi cd FotoSaya.jpg enter. Dan foto anda akan segera muncul.

Intinya anda harus mengetahui nama dari file dan dimana file tersebut berada/disimpan.


MKDIR

Mkdir merupakan singkatan dari make direktori yang artinya membuat direktori. Jadi disini anda bisa membuat direktori/folder dengan praktis dan cepat.

Contoh:

Anda ingin membuat folder di drive D dengan nama OKE. Untuk melakukan tugas tersebut dari cmd anda harus mengetik mkdir d:\OKE dan enter.
Dalam sekejap folder dengan nama OKE sudah berhasil dibuat, jika anda tidak percaya anda bisa mengeceknya di drive D.

Nb: Jika anda ingin membuat folder di drive lain seperti drive C atau drive E, maka anda harus mengubah mkdir d:\OKE menjadi mkdir c:\OKE atau mkdir e:\OKE.


CLS

Jika anda sudah mengetikan banyak perintah pada cmd pastinya akan membuat anda merasa pusing, mual dan bosan. Jadi anda bisa membersihkan layar cmd dengan perintah CLS.

Caranya sangat mudah. Anda ketik cls pada cmd lalu enter, maka layar cmd anda akan bersih seperti pertama kali dibuka.

Jika kurang jelas, silahkan anda praktekan langsung pada pc anda.


Powercfg –energy

Ini adalah perintah yang digunakan untuk melakukan identifikasi masalah pada baterai laptop. Jika anda menggunakan perangkat laptop maka ada baiknya anda mencari tahu status baterai anda dengan perintah powercfg –energy.

Namun anda harus masuk sebagai administrator terlebih dahulu.
  • Caranya anda klik start cari program cmd lalu lakukan klik kanan pada cmd kemudian pilih run as administrator.
  • Setelah itu ketik powercfg –energy dan enter.
  • Tunggu sampai proses selesai, mungkin akan memerlukan beberapa menit.
  • Lalu akan muncul tulisan yang menunjukan kondisi baterai anda. Anda akan mengetahui masalah, kerusakan, error dan sebagainya dari baterai anda.


Kesimpulan

Cmd (command promt) merupakan tools default windows yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Dengan cmd kamu bisa melakukan banyak tugas dengan sangat mudah.

Namun perlu diingat bahwa cmd memiliki banyak perintah yang harus dikuasai apabila ingin mengoperasikanya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah Sistem Operasi Buatan Anak Bangsa(Indonesia).


Penutup

Saya rasa cukup sampai disini saja pembahasan mengenai CMD yang memuat beberapa bab seperti:Pengertian CMD, Fungsi CMD, Sejarah CMD, Perbedaan Terminal dengan CMD, Kelebihan dan kekurangan CMD, dan Perintah-perintah CMD.

Setelah mempelajari bab-bab tersebut, saya berharap anda dapat mengenal CMD lebih mendalam, dan semoga informasi ini dapat berguna untuk semua kalangan. Sekian dan terimakasih.

Popular posts from this blog

Profile Biodata Foto Renie Arumsari

Biodata Renie Arumsari Nama Lengkap : Agustina Renie Arum Sari Nama Lain : Renie Arumsari Asal : Yogyakarta Kebangsaan : Indonesia Pekerjaan : Aktris, Model, MC Twitter : https://twitter.com/rerenie Instagram : https://www.instagram.com/renieas Prestasi Renie Arumsari Putri Pariwisata Indonesia DIY 2017 Putri Pariwisata Indonesia Best National Costume Putri Pariwisata Indonesia Putri Bunga Miss Tea Indonesia 2017 Miss Jogjatronik Sahabat Larissa Puteri Bandara 2013 Duta Bandara Adisutjipto Sinetron Renie Arumsari 2018 – Orang Ketiga, sebagai Kartika – SCTV Sitkom : 2015 – Kos-kosan Jogja, sebagai Gendhis View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on Jun 21, 2019 at 10:03pm PDT View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on May 30, 2019 at 2:47am PDT

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situs blog paling top, dimana semua informasi bermanfaat dibagikan secara percuma. Nah, jika pada beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai prediksi soal UN bahasa indonesia, maka pada kesempatan ini pula saya akan membagikan latihan soal yang sama juga, yaitu latihan soal bahasa indonesia. Dimana latihan soal ini dikhususkan untuk sekolah menengah kejuruan atau SMK dan sederajat. Latihan soal bahasa indonesia ini bisa anda gunakan sebagai bahan uji coba untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN/UNBK), serta juga bisa digunakan sebagai bahan pemantapan materi untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Baiklah, tanpa membuang masa lagi, silahkan dipelajari baik-baik latihan soal bahasa indonesia berikut: PETUNJUK UMUM 1. Tulis namamu di sudut kanan atas 2. Bacalah setiap soal dengan teliti. 3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. 4. Periksa kembali pek

Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat

@OfficialRCTI Asisten Cantik Naik Pangkat adalah FTV yang tayang di RCTI. Berikut ini adalah Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat Layar Drama RCTI Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat loading... Syifa Hadju View this post on Instagram A post shared by Syifa Hadju (@syifahadjureal) on May 12, 2019 at 1:47am PDT Rizky Alatas View this post on Instagram A post shared by Rizky Alatas (@rizkyalatas) on Jul 24, 2019 at 1:18am PDT Kevin Ardilova loading... View this post on Instagram Eyes, They never lie. A post shared by Kevin Ichwal Ardilova (@kevinardillova) on Jul 22, 2019 at 4:57am PDT Alfath Rivansyah Dieno Ramli Savira Kaunang Havida loading...