Skip to main content

5 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Untuk Android

5 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Untuk Android

Coding adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman untuk menciptakan program tertentu, baik itu program Web, aplikasi, maupun game.

Seseorang yang mampu melakukan coding dengan baik dianggap sebagai seseorang yang memiliki kelebihan, sehingga banyak dibutuhkan oleh perusahaan IT.

Untuk dapat menguasai coding dengan baik dan benar bukanlah hal yang mudah, anda harus mengerti dan paham terlebih dahulu berbagai macam bahasa pemrograman.

Coding sendiri sering kali dianggap sebagai sesuatu yang sangat rumit dan sukar untuk dikerjakan, oleh sebab itu banyak para pemula yang gagal dan putus asa.

Tapi tenang, coding tidak selamanya sulit dan sukar untuk dikerjakan. Ada beberapa media pembelajaran yang memberikan pembelajaran khusus mengenai coding dengan cara yang simpel dan menyenangkan.

Salah satu media pembelajaran coding bisa anda temukan dalam bentuk aplikasi berbasis android. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka belajar coding akan semakin mudah.

Ada banyak aplikasi yang memberikan pembelajaran mengenai coding, namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membagikan 5 aplikasi pembelajaran coding terbaik yang sangat cocok untuk anda yang ingin belajar coding.

Kelima aplikasi pembelajaran coding berikut merupakan aplikasi terbaik yang memberikan materi coding dari tingkat dasar sampai tingkat mahir. Mau tahu apa saja aplikasinya? simak ulasannya dibawah ini:


1. Programming Hub

Aplikasi untuk belajar coding yang pertama adalah Programming Hub, ia adalah salah satu aplikasi terbaik untuk belajar bahasa pemrograman yang bisa anda dapatkan secara gratis.

Aplikasi ini telah menyediakan berbagai macam materi pembelajaran bahasa pemrograman, diantaranya:

  • HTML
  • CSS
  • Javascript
  • Python
  • C++
  • SQL
  • JQuery
  • Dan masih banyak lagi

Selain menyediakan berbagai materi pembelajaran mengenai bahasa pemrograman, disini anda juga bisa melakukan coding sendiri sesuai pemahaman anda.

Dan yang lebih hebatnya lagi anda juga bisa melakukan compile secara offline maupun online.


2. SoloLearn

Tak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, SoloLearn juga merupakan aplikasi coding terbaik untuk android yang mana anda bisa dengan mudah mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman, dari mulai tingkat dasar sampai tingkat yang lebih sulit.

Bahasa pemrograman yang dapat anda pelajari disini juga sangat lengkap, mulai dari bahasa pemrograman Web seperti HTML, CSS, dan Javascript sampai bahasa pemrograman tingkat lanjut seperti Python, C++, dan JQuery.

Setelah mendapat pemahaman mengenai bahasa pemrograman, anda juga bisa mempraktekannya secara langsung pada text editor yang tersedia.

Anda juga tidak akan bosan ketika ingin melakukan coding pada text editor, sebab aplikasi SoloLearn ini telah memadukan text editor dengan fitur keren yang bernama Syntax Highlighter.

Dijamin anda akan betah berlama-lama dalam melakukan coding.


3. Dcoder

Dcoder adalah sebuah aplikasi yang ditujukan untuk para pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman, aplikasi ini sendiri lebih dikhusukan untuk pembelajaran Web programming.

Namun walaupun begitu, disini anda juga bisa mempelajari bahasa pemrograman lain seperti, Java, Python, VB, Perl, Ruby, Swift, prolog, Haskell, Kotlin dan masih banyak lagi.

Untuk tampilan dari aplikasi ini sendiri bisa dikatakan sangat sederhana dan sangat cocok untuk digunakan oleh para pemula sekalipun.

Selain itu anda juga akan mendapat kemudahan dalam penggunaannya, hal ini karena adanya fitur-fitur sebagai berikut:

  • Debug code
  • Result compile
  • Auto ident
  • Auto complete
  • Syntax highlighter
  • Dan masih banyak lagi

Untuk anda yang memang benar-benar ingin belajar coding atau bahasa pemrograman secara mendalam.

Saya merekomendasikan aplikasi ini, sebab tidak hanya menyajikan pembelajaran bahasa pemrograman saja.

Disini anda juga akan di bimbing mengenai Algoritma suatu program. Dengan mempelajari fitur Algoritma ini maka anda akan lebih memahami bagaimana cara memecahkan masalah pada program.


4. AWD - PHP/HTML/CSS/JS IDE

AWD merupakan singkatan dari Android Web Developer yang mana fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk memberikan pembelajaran mengenai pengembangan Web.

Jadi bagi anda yang ingin belajar bagaimana cara mengembangkan Web dari smartphone, maka AWD inilah solusinya.

Sesuai dengan fungsi utamanya, disini anda akan difokuskan untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman Web seperti HTML, CSS, Javascript, dan PHP.

Aplikasi ini merupakan yang terbaik dalam masalah coding, bahkan kualitasnya hampir setara dengan aplikasi coding yang biasa digunakan pada PC desktop.


5. Learn Programming

Aplikasi terakhir yang menyediakan pembelajaran coding secara lengkap adalah Learn Programming. Dari namanya saja, kita sudah mengerti apa kegunaan dari aplikasi ini.

Sama seperti aplikasi coding lainnya, disini anda akan diberi pembelajaran mengenai bahasa pemrograman secara lengkap dan jelas. Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman dari yang dasar sampai tingkat tinggi.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur Quiz. Fitur ini akan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar bahasa pemrograman.

Dengan adanya fitur ini, maka akan membuat anda semakin memahami coding secara mendalam.


Penutup

Bagaimana sobat, apakah 5 aplikasi belajar coding diatas menarik dan layak untuk dicoba? sampaikan pendapat anda dalam kolom komentar yang telah tersedia.

Kelima aplikasi diatas merupakan aplikasi belajar coding terbaik yang pernah ada, anda tinggal menyesuiakannya saja dengan kebutuhan anda.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Popular posts from this blog

Profile Biodata Foto Renie Arumsari

Biodata Renie Arumsari Nama Lengkap : Agustina Renie Arum Sari Nama Lain : Renie Arumsari Asal : Yogyakarta Kebangsaan : Indonesia Pekerjaan : Aktris, Model, MC Twitter : https://twitter.com/rerenie Instagram : https://www.instagram.com/renieas Prestasi Renie Arumsari Putri Pariwisata Indonesia DIY 2017 Putri Pariwisata Indonesia Best National Costume Putri Pariwisata Indonesia Putri Bunga Miss Tea Indonesia 2017 Miss Jogjatronik Sahabat Larissa Puteri Bandara 2013 Duta Bandara Adisutjipto Sinetron Renie Arumsari 2018 – Orang Ketiga, sebagai Kartika – SCTV Sitkom : 2015 – Kos-kosan Jogja, sebagai Gendhis View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on Jun 21, 2019 at 10:03pm PDT View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on May 30, 2019 at 2:47am PDT

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situs blog paling top, dimana semua informasi bermanfaat dibagikan secara percuma. Nah, jika pada beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai prediksi soal UN bahasa indonesia, maka pada kesempatan ini pula saya akan membagikan latihan soal yang sama juga, yaitu latihan soal bahasa indonesia. Dimana latihan soal ini dikhususkan untuk sekolah menengah kejuruan atau SMK dan sederajat. Latihan soal bahasa indonesia ini bisa anda gunakan sebagai bahan uji coba untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN/UNBK), serta juga bisa digunakan sebagai bahan pemantapan materi untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Baiklah, tanpa membuang masa lagi, silahkan dipelajari baik-baik latihan soal bahasa indonesia berikut: PETUNJUK UMUM 1. Tulis namamu di sudut kanan atas 2. Bacalah setiap soal dengan teliti. 3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. 4. Periksa kembali pek

Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat

@OfficialRCTI Asisten Cantik Naik Pangkat adalah FTV yang tayang di RCTI. Berikut ini adalah Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat Layar Drama RCTI Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat loading... Syifa Hadju View this post on Instagram A post shared by Syifa Hadju (@syifahadjureal) on May 12, 2019 at 1:47am PDT Rizky Alatas View this post on Instagram A post shared by Rizky Alatas (@rizkyalatas) on Jul 24, 2019 at 1:18am PDT Kevin Ardilova loading... View this post on Instagram Eyes, They never lie. A post shared by Kevin Ichwal Ardilova (@kevinardillova) on Jul 22, 2019 at 4:57am PDT Alfath Rivansyah Dieno Ramli Savira Kaunang Havida loading...