Skip to main content

6 Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Terkena Air/Terjebur Di Air

6 Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Terkena Air/Terjebur Di Air

Membawa smartphone android ke tempat basah seperti kolam renang pastinya memiliki resiko tersendiri, salah satu resiko yang sering menjadi ketakutan bagi para pengguna android adalah apabila ponsel android mereka terjebur di air atau kolam renang.

Sebab apabila smartphone android anda terkena air ataupun terjebur di kolam renang bisa saja akan membuatnya mati total alias tidak dapat digunakan lagi.

Lalu bagaimana jika hal tersebut benar-benar terjadi? ponsel android terjebur di air!

Jika hal tersebut sampai terjadi maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, dan cara ini harus dilakukan dengan sesegera mungkin guna meminimalisir kerusakan yang lebih parah.

Nah beberapa cara untuk menolong smartphone android yang terjebur di air bisa anda pelajari pada ulasan berikut ini:


1. Lepaskan Baterai Smartphone Android

Langkah awal yang harus anda lakukan ketika mendapati smartphone android basah terkena air adalah dengan mencopot atau melepaskan baterainya.

Hal ini bertujuan agar smartphone android dalam kondisi mati tanpa adanya aliran listrik. Lalu bagaimana dengan smartphone yang menggunakan baterai tanam?

Jika smartphone yang anda gunakan bertipe baterai tanam, maka anda harus segera mematikan smartphone tersebut secara manual dengan menekan tombol power sampai ponsel benar-benar mati.

Anda harus melakukan cara pertama ini dengan cepat, sebab apabila anda terlambat untuk mematikan smartphone maka kemungkinan besar smartphone android anda akan konslet karena aliran listrik masih menyala.


2. Melepas Beberapa Komponen Pada Smartphone

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan apabila smartphone android anda dalam kondisi basah terkena air atau terjebur di dalam ai adalah dengan melepas beberapa komponen yang ada.

Tujuan dari melepaskan komponen ini adalah untuk mengeluarkan air yang kemungkinan masih tersisa di dalam smartphone, juga untuk mempercepat proses pengeringan.

Nah beberapa komponen pada smartphone yang perlu anda copot diantaranya sebagai berikut:
  • Baterai
  • SIM Card
  • Kartu SD (Kartu Memori)
  • Casing Smartphone


3. Membersihkan Air Yang Masih Tersisa

Air yang masih ada pada bagian body smartphone ataupun yang masih menempel pada komponen di dalam smartphone akan memberikan efek buruk bagi hp anda nantinya, maka dari itu membersihkan air yang ada adalah solusi terbaik.

Anda bisa menggunakan tisu atau kain tipis untuk membersihkan sisa air tersebut. Dan usahakan pula ketika dalam proses pembersihan dilakukan secara perlahan agar tidak merusak komponen yang ada.


4. Keringkan Smartphone Anda

Membersihkan sisa air dengan tisu ataupun kain adalah cara yang sangat baik untuk dilakukan, namun karena sifat air yang dapat meresap, maka anda memerlukan penanganan lebih lanjut.

Caranya adalah dengan mengeringkannya, mengeringkan smartphone yang basah bisa anda lakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan memanfaatkan panas matahari dan yang kedua adalah dengan kipas angin.

Keringkan ponsel android anda minimal 5-10 menit saja, jangan terlalu lama sebab akan mempengaruhi kondisi smartphone anda nantinya.


5. Pasang Kembali Komponen Yang Sudah Kering

Jika anda sudah merasa yakin bahwa smartphone anda sudah benar-benar kering beserta komponen-komponennya, maka silahkan anda pasang kembali semua komponen tersebut seperti semula.

Jika semua komponen sudah terpasang dengan baik, silahkan nyalakan smartphone android anda dengan menekan tombol power selama beberapa saat.

Jika ponsel android berhasil dinyalakan dan berjalan normal itu artinya anda telah berhasil mempraktekan langkah-langkah diatas dengan benar.

Namun jika smartphone android anda masih tetap tidak mau menyala itu artinya kerusakan yang dialami oleh ponsel anda sudah sangat parah, untuk itu silahkan anda pergi ke tempat service ponsel resmi untuk segera memperbaiki smartphone android anda tersebut.


Penutup

Demikian adalah 5 tahapan dalam mengatasi smartphone android yang basah terkena air. Kelima langkah diatas merupakan cara untuk menangani smartphone android yang masih dalam kondisi tidak terlalu parah.

Jika dengan menggunakan cara diatas ponsel android anda masih tidak mau menyala, langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan membawanya ke tempat service smartphone terpercaya.

Semoga dengan artikel sederhana ini akan memberikan manfaat untuk anda semua, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Popular posts from this blog

Profile Biodata Foto Renie Arumsari

Biodata Renie Arumsari Nama Lengkap : Agustina Renie Arum Sari Nama Lain : Renie Arumsari Asal : Yogyakarta Kebangsaan : Indonesia Pekerjaan : Aktris, Model, MC Twitter : https://twitter.com/rerenie Instagram : https://www.instagram.com/renieas Prestasi Renie Arumsari Putri Pariwisata Indonesia DIY 2017 Putri Pariwisata Indonesia Best National Costume Putri Pariwisata Indonesia Putri Bunga Miss Tea Indonesia 2017 Miss Jogjatronik Sahabat Larissa Puteri Bandara 2013 Duta Bandara Adisutjipto Sinetron Renie Arumsari 2018 – Orang Ketiga, sebagai Kartika – SCTV Sitkom : 2015 – Kos-kosan Jogja, sebagai Gendhis View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on Jun 21, 2019 at 10:03pm PDT View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on May 30, 2019 at 2:47am PDT

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situs blog paling top, dimana semua informasi bermanfaat dibagikan secara percuma. Nah, jika pada beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai prediksi soal UN bahasa indonesia, maka pada kesempatan ini pula saya akan membagikan latihan soal yang sama juga, yaitu latihan soal bahasa indonesia. Dimana latihan soal ini dikhususkan untuk sekolah menengah kejuruan atau SMK dan sederajat. Latihan soal bahasa indonesia ini bisa anda gunakan sebagai bahan uji coba untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN/UNBK), serta juga bisa digunakan sebagai bahan pemantapan materi untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Baiklah, tanpa membuang masa lagi, silahkan dipelajari baik-baik latihan soal bahasa indonesia berikut: PETUNJUK UMUM 1. Tulis namamu di sudut kanan atas 2. Bacalah setiap soal dengan teliti. 3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. 4. Periksa kembali pek

Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat

@OfficialRCTI Asisten Cantik Naik Pangkat adalah FTV yang tayang di RCTI. Berikut ini adalah Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat Layar Drama RCTI Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat loading... Syifa Hadju View this post on Instagram A post shared by Syifa Hadju (@syifahadjureal) on May 12, 2019 at 1:47am PDT Rizky Alatas View this post on Instagram A post shared by Rizky Alatas (@rizkyalatas) on Jul 24, 2019 at 1:18am PDT Kevin Ardilova loading... View this post on Instagram Eyes, They never lie. A post shared by Kevin Ichwal Ardilova (@kevinardillova) on Jul 22, 2019 at 4:57am PDT Alfath Rivansyah Dieno Ramli Savira Kaunang Havida loading...