Skip to main content

Pengertian Dan Fungsi Kabel OTG (On The Go)

Pengertian Dan Fungsi Kabel OTG (On The Go)

Pernahkah anda membayangkan jika Flashdisk bisa digunakan di smartphone android?

Saat ini hal seperti itu bukan lagi sesuatu yang mustahil, sebab dengan bantuan perangkat yang bernama USB OTG, maka anda bisa menyambungkan Flashdisk pada smartphone anda.

Nah dengan begitu maka ruang penyimpanan di android anda akan semakin besar, sebab ada tambahan ruang penyimpanan eksternal berupa Flashdisk.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya OTG ini anda juga bisa menyambungkan perangkat USB lain seperti Card Reader, Keyboard/Mouse USB dan sebagainya.

Wah, sepertinya perangkat yang bernama OTG ini sangat berguna ya? tapi apa sih sebenarnya OTG itu? dan apa saja fungsi dari OTG?

Simak dan temukan jawaban dari pertanyaan diatas, melalui pembahasan seputar OTG berikut ini:


1. Pengertian Kabel OTG (On The Go)

Kabel OTG merupakan salah satu jenis kabel USB (Universal Serial Bus) yang sering digunakan untuk melakukan proses transfer data antara dua perangkat.

OTG sendiri saat ini sering dipakai untuk menghubungkan perangkat Flashdisk ke perangkat android. Dengan tujuan agar ruang penyimpanan data lebih besar.

Dengan memakai OTG ini, maka perangkat penyimpanan portabel seperti Flashdisk ini bisa dihubungkan ke perangkat smartphone android dengan lancar.

Namun perlu anda ketahui juga, bahwa OTG ini tidak selalu support semua perangkat android, hal ini bisa disebabkan oleh adanya ketidak cocokkan slot OTG dengan smartphone android.

Selain itu versi kernel yang ada pada smartphone android juga menentukan apakah ponsel android mereka bisa memakai dan menggunakan OTG dengan baik.


2. Fungsi OTG (On The Go)

Selain berfungsi untuk menghubungkan perangkat android dengan Flashdisk, sebenarnya fungsi dari OTG ini masih ada lagi lho. Berikut adalah fungsi lain dari OTG:

  • Memungkinkan pemasangan komponen perangkat lain seperti keyboard, mouse, ataupun joystick
  • Manambah ruang penyimpanan, khususnya penyimpanan eksternal
  • Mampu membaca data perangkat lain seperti Flashdisk, Card Reader, ataupun memori kamera DSLR
  • Memungkinkan membaca memori HDD eksternal

Dari keempat fungsi diatas, pada dasarnya fungsi OTG ini masih sangat banyak, namun pada kesempatan kali ini mungkin hanya empat fungsi itu saja yang paling sering dilakukan orang-orang terhadap OTG.


3. Kelebihan OTG

Dengan memahami ulasan sebelumnya, pastinya anda sudah dapat menyimpulkan apa kelebihan dari perangkat USB OTG ini.

Ya, kelebihan dari OTG ini adalah mampu mentransfer data dari dua perangkat yang berbeda seperti Flashdisk dan Smartphone.

Tidak hanya mampu mentransfer data, OTG juga mampu membaca data dari perangkat yang tersambung kepadanya.

Selain itu karena bentuk fisik dari OTG yang simpel dan sederhana, maka OTG ini bisa anda bawa kemanapun anda pergi.

Dengan begitu ketika anda akan memindahkan data dari dari Flashdisk ke Hp android, maka anda tidak perlu repot-repot menggunakan komputer. Cukup dengan USB OTG saja anda sudah bisa memindahkan data dengan sempurna.


4. Kekurangan OTG

Disamping kelebihan, OTG sendiri ternyata memiliki kekurangan, yaitu tidak cocok pada semua perangkat android, sehingga saat ini penggunaan OTG masih sangat sedikit, karena dinilai belum optimal.

Selain itu melakukan transfer data ataupun pembacaan data dari Flashdisk ke android yang memiliki kapasitas RAM yang kecil malahan akan berakibat pada melemahnya kinerja smartphone


Penutup

Demikian pembahasan sederhana mengenai OTG (On The Go). Dengan membaca dan memahami pembahasan kali ini, diharapkan nantinya anda akan lebih mengenal apa sih OTG itu dan apa saja fungsi serta kelebihan dan kekurangannya.

Nah cukup sekian pembahasan mengenai OTG kali ini, semoga dapat bermanfaat. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Popular posts from this blog

Profile Biodata Foto Renie Arumsari

Biodata Renie Arumsari Nama Lengkap : Agustina Renie Arum Sari Nama Lain : Renie Arumsari Asal : Yogyakarta Kebangsaan : Indonesia Pekerjaan : Aktris, Model, MC Twitter : https://twitter.com/rerenie Instagram : https://www.instagram.com/renieas Prestasi Renie Arumsari Putri Pariwisata Indonesia DIY 2017 Putri Pariwisata Indonesia Best National Costume Putri Pariwisata Indonesia Putri Bunga Miss Tea Indonesia 2017 Miss Jogjatronik Sahabat Larissa Puteri Bandara 2013 Duta Bandara Adisutjipto Sinetron Renie Arumsari 2018 – Orang Ketiga, sebagai Kartika – SCTV Sitkom : 2015 – Kos-kosan Jogja, sebagai Gendhis View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on Jun 21, 2019 at 10:03pm PDT View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on May 30, 2019 at 2:47am PDT

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situs blog paling top, dimana semua informasi bermanfaat dibagikan secara percuma. Nah, jika pada beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai prediksi soal UN bahasa indonesia, maka pada kesempatan ini pula saya akan membagikan latihan soal yang sama juga, yaitu latihan soal bahasa indonesia. Dimana latihan soal ini dikhususkan untuk sekolah menengah kejuruan atau SMK dan sederajat. Latihan soal bahasa indonesia ini bisa anda gunakan sebagai bahan uji coba untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN/UNBK), serta juga bisa digunakan sebagai bahan pemantapan materi untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Baiklah, tanpa membuang masa lagi, silahkan dipelajari baik-baik latihan soal bahasa indonesia berikut: PETUNJUK UMUM 1. Tulis namamu di sudut kanan atas 2. Bacalah setiap soal dengan teliti. 3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. 4. Periksa kembali pek

Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat

@OfficialRCTI Asisten Cantik Naik Pangkat adalah FTV yang tayang di RCTI. Berikut ini adalah Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat Layar Drama RCTI Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat loading... Syifa Hadju View this post on Instagram A post shared by Syifa Hadju (@syifahadjureal) on May 12, 2019 at 1:47am PDT Rizky Alatas View this post on Instagram A post shared by Rizky Alatas (@rizkyalatas) on Jul 24, 2019 at 1:18am PDT Kevin Ardilova loading... View this post on Instagram Eyes, They never lie. A post shared by Kevin Ichwal Ardilova (@kevinardillova) on Jul 22, 2019 at 4:57am PDT Alfath Rivansyah Dieno Ramli Savira Kaunang Havida loading...