Skip to main content

Cara Membuat File Batch (BAT) Untuk Mempermudah Dan Mempercepat Pekerjaan

Cara Membuat File Batch (BAT) Untuk Mempermudah Dan Mempercepat Pekerjaan

Sebelum kita masuk pada poin utama pembahasan kali ini, marilah kita mulai dengan mengenal file Batch (BAT) terlebih dahulu.

Menurut Wikipedia, file Batch merupakan sebuah berkas teks yang berisi sekumpulan perintah atau Command Line yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows. Dimana pada umumnya, file batch ini memiliki ekstensi ".bat".

Ada pula yang mengartikan file bacth secara lebih spesifik, yaitu sekumpulan baris perintah yang dimaksudkan untuk diproses oleh Command Interpreter (CMD).

Dimana Command Interpreter itu sendiri merupakan suatu program pada komputer yang mampu membaca baris teks yang dimasukkan oleh pengguna dan kemudian menafsirkan baris perintah tadi ke dalam suatu bentuk proses atau tindakan.

Nah dari kedua pengertian mengenai file Batch diatas, mungkin sudah mampu memberikan gambaran kepada anda mengenai file Batch itu sendiri.

Tapi agar pemahaman kita bisa lebih terarah, saya akan memberikan sedikit kesimpulan sederhana dari pengertian file Batch.

Jadi file Batch adalah suatu bentuk file dimana didalam file tersebut terdapat sekumpulan baris perintah (bahasa pemrograman), yang mana apabila kita membuka atau menjalankan file tersebut, maka komputer akan memproses baris perintah tersebut dan kemudian melakukan tindakan (aksi) sesuai perintah yang ada pada file Batch.

Baiklah, setelah anda mampu menangkap makna dasar dari file Batch, maka marilah kita masuk pada pembahasan berikutnya, yaitu mengenai fungsi dari file Batch:

Sebenarnya fungsi dari file Batch itu sangatlah sederhana yaitu membuat komputer menjalankan perintah dari baris perintah (bahasa pemrograman) yang telah dimasukkan.

Namun disini saya akan memberikan dua kategori fungsi dari file Batch jika dilihat dari sisi positif dan negatif.

Fungsi file Batch jika dimanfaatkan secara positif diantaranya:
  • Melakukan Tune-Up
  • Program Administrator
  • Backup
  • Testing
  • Dan sebagainya

Sedangkan fungsi file Batch dari sisi negatif, diantaranya:
  • Mencuri data
  • Mengacaukan sistem kerja komputer
  • Mengganggu sumber daya didalam komputer
  • Dan masih banyak lagi

Jadi anda harus bijak ketika menggunakan file Batch ini ya, jangan sampai anda menggunakan file Batch ini untuk kegiatan negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Nah sebelum kita benar-benar masuk pada pembahasan mengenai cara membuat file Batch, penting bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu perintah-perintah dasar dalam pembuatan file Batch, diantaranya:


Perintah-Perintah Untuk Membuat File Batch:

Copy = Membuat duplikat suatu file ke directory lainnya.

Del = Menghapus sebuah file dari suatu directory.

Echo = Menulis pesan ke layar, sedangkan untuk syntax echo off, digunakan untuk meniadakan tampilan echo.

Goto = Melompat dari suatu syntax ke label.

Help = Melihat command batch lainnya.

Start = Menjalankan suatu program.

Pause = Merupakan perintah untuk meminta satu ketikan tombol sembarang, dimana pesan yang ditampilkan adalah Press any key to continue… Nah, untuk menghilangkan pesan ini dapat diketikkan PAUSE > NUL.

If = Digunakan untuk memeriksa kondisi tertentu jika kondisi tersebut tersedia.

Rem = Kependekan dari REMARK merupakan suatu perintah yang mengakibatkan suatu baris perintah menjadi tidak berfungsi, akan diabaikan dan tidak diproses.

Cls = Sama seperti perintah DOS, yaitu digunakan untuk menghapus layar.

Exit = keluar dari jendela DOS jika file batch berjalan dari Windows.


Operator Dasar File Batch:

@ = berguna untuk membuat syntax menjadi tidak kelihatan di layar atau untuk tidak menampilkan baris perintah disebelah kanan layar.

: = tanda label.

> = menuliskan sesuatu diatas isi file yang sudah ada.

>> = menuliskan sesuatu pada garis baris yang baru.

:: = komentar, tidak dieksekusi.


Cara Membuat File Batch Di Windows Dengan Mudah Dan Cepat:


1. Buka Notepad di komputer anda.

2. Salin baris perintah berikut ini:

@echo off

echo Jadwal mengajar:

echo Senin 08.00-09.30

echo Rabu 13.30-15.00

echo Sabtu 09.30-10.30

pause

start winword

start “” https://www.paling-top21.blogspot.com

ping 8.8.8.8

3. Simpan dengan menekan "CTRL+S".

4. Kemudian ubah nama filenya, dan jangan lupa untuk menambahkan ekstensi .bat dibelakang nama file tersebut.

5. Klik "Save".


Cara Menjalankan Atau Membuka File Batch:


1. Cari file Batch yang sudah anda buat.

2. Double klik (klik 2x) pada file tersebut.

3. Maka akan muncul jendela Command Prompt (CMD) yang mulai menjalankan tugas sesuai instruksi yang ada didalam baris perintah file Batch.

4. Akan tampil jadwal mengajar dari hari senin sampai sabtu, kemudian dibawahnya akan muncul tulisan "Press Any Key To Continue.." silahkan klik tombol mana saja pada keyboard untuk melanjutkan eksekusi.

5. Ini terjadi karena, didalam baris perintah sebelumnya, saya telah memasukkan perintah "Pause" yang artinya proses bisa berhenti sejenak.

6. Nah jika anda sudah menekan sembarang tombol pada keyboard, maka anda akan dibawa ke jendela Microsoft Word, sesuai dengan baris perintah yang telah kita masukkan, yaitu "start winword".

7. Kemudian, secara berurutan anda akan mulai mengunjungi situs "Paling-Top21" sesuai seperti yang ada dibaris perintah, yaitu "start “” https://www.paling-top21.blogspot.com".

8. Dan proses terakhir yang akan dikerjakan adalah melakukan ping pada IP 8.8.8.8 sesuai dengan perintah "ping 8.8.8.8".

Itu dia cara mudah membuat file Batch sederhana yang bisa anda terapkan langsung dikomputer anda.

Anda juga bisa mengembangkan atau membuat baris perintah file Batch sendiri dengan memasukkan perintah-perintah lainnya seperti yang tertera pada "Perintah-Perintah Untuk Membuat File Batch" diatas.


Penutup

Nah mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini mengenai cara membuat file Batch di komputer.

Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat kepada anda semua ya, dan jangan lupa pula untuk share artikel ini ke teman-teman anda agar mereka juga tahu informasi bermanfaat ini ya.

Terimakasih dan sampai jumpa di postingan menarik selanjutnya.

Popular posts from this blog

Profile Biodata Foto Renie Arumsari

Biodata Renie Arumsari Nama Lengkap : Agustina Renie Arum Sari Nama Lain : Renie Arumsari Asal : Yogyakarta Kebangsaan : Indonesia Pekerjaan : Aktris, Model, MC Twitter : https://twitter.com/rerenie Instagram : https://www.instagram.com/renieas Prestasi Renie Arumsari Putri Pariwisata Indonesia DIY 2017 Putri Pariwisata Indonesia Best National Costume Putri Pariwisata Indonesia Putri Bunga Miss Tea Indonesia 2017 Miss Jogjatronik Sahabat Larissa Puteri Bandara 2013 Duta Bandara Adisutjipto Sinetron Renie Arumsari 2018 – Orang Ketiga, sebagai Kartika – SCTV Sitkom : 2015 – Kos-kosan Jogja, sebagai Gendhis View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on Jun 21, 2019 at 10:03pm PDT View this post on Instagram A post shared by Renie Arumsari (@renieas) on May 30, 2019 at 2:47am PDT

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situs blog paling top, dimana semua informasi bermanfaat dibagikan secara percuma. Nah, jika pada beberapa waktu yang lalu kita telah membahas mengenai prediksi soal UN bahasa indonesia, maka pada kesempatan ini pula saya akan membagikan latihan soal yang sama juga, yaitu latihan soal bahasa indonesia. Dimana latihan soal ini dikhususkan untuk sekolah menengah kejuruan atau SMK dan sederajat. Latihan soal bahasa indonesia ini bisa anda gunakan sebagai bahan uji coba untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN/UNBK), serta juga bisa digunakan sebagai bahan pemantapan materi untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Baiklah, tanpa membuang masa lagi, silahkan dipelajari baik-baik latihan soal bahasa indonesia berikut: PETUNJUK UMUM 1. Tulis namamu di sudut kanan atas 2. Bacalah setiap soal dengan teliti. 3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. 4. Periksa kembali pek

Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat

@OfficialRCTI Asisten Cantik Naik Pangkat adalah FTV yang tayang di RCTI. Berikut ini adalah Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat Layar Drama RCTI Pemain Asisten Cantik Naik Pangkat loading... Syifa Hadju View this post on Instagram A post shared by Syifa Hadju (@syifahadjureal) on May 12, 2019 at 1:47am PDT Rizky Alatas View this post on Instagram A post shared by Rizky Alatas (@rizkyalatas) on Jul 24, 2019 at 1:18am PDT Kevin Ardilova loading... View this post on Instagram Eyes, They never lie. A post shared by Kevin Ichwal Ardilova (@kevinardillova) on Jul 22, 2019 at 4:57am PDT Alfath Rivansyah Dieno Ramli Savira Kaunang Havida loading...